Konteks Sosial dan Perkembangan Sosioemosional 1. Teori-teori Kontemporer 1. Teori Ekologi Bronfenbrenner a. Mikrosistem , individu menghabiskan waktu bersama keluarga, teman sebaya, sekolah, dan tetangga. Individu berinteraksi langsung. Murid berinteraksi secara timbal balik dengan orang lain dan membantu mengkonstruksi. b. Mesosistem , berkaitan dengan mikrosistem. Misalnya saja hubungan pengalaman dikeluarga dan pengalaman disekolah. Hal ini berdampak pada prestasi murid dari SMP akhir dan SMA awal (Epstein, 1983). Anak yang diberi kebebasan untuk berpendapat di rumah dan disekolah, akademik dan inisiatifnya lebih baik. c. Ekosistem , dimana pengalaman murid dan pengalaman guru berada dalam konteks mereka sendiri. Misalnya dewan sekolh dan dewan pemelihara taman sekolah. Mereka yang menentukan kualitas dan fasilitas sekolah yang bisa saja menghambat dan menunjang perkembangan anak. d. Makrosistem , mencakup peran etnis dan faktor so
Komentar
Posting Komentar